Blog Artikel Aplikasi Tutorial Dan Pengetahuan Komputer

Mas Imam

Tuesday 5 September 2017

Elemen Dan Prinsip Dasar Desain Grafis

              Hallo sehabat Mas Imam, kali ini saya akan membagikan Ilmu aja dulu yah ,hehe tutorialnya kapan kapan lagi. ;) Dan ilmu  yang akan saya bagikan adalah melanjutkan kemarin yaitu Desain Grafis. Yang belum tahu apa itu desain grafis bisa klik disini. yakni elemen dan prinsip dasar desain grafis, berikut materinya

Elemen Desain Grafis

1. Garis ( Line ) : Didefinisikan sebagai titik yang bergerak dan merupakan tanda yang dibuat oleh alat untuk menggambar seperti pensil, bollpoint, pointed brush, keyboard atau mouse. Pada elemen garis ini terdapat 3 kategori garis yaitu :
  • Tipe garis merupakan arah garis yang mengacu pada gerakan garis dari awal sampai akhir. Tipe garis dapat berupa garis lurus, lengkung, ataupun siku siku.
  • Arah garis, menggambarkan hubungan antara garis dengan halaman. Arah garis ini berupa garis horizontal, vertikal, dan diagonal.
  • Kualitas garis, mengacu kepada bagaimana garis itu digambarkan, kualitas garis dapat berupa garis tegas, patah patah, tebal, tipis, tetap dan berubah ubah
2. Bentuk ( Shape ) merupakan gambaran umum sesuatu atau formasi atau jalur yang tertutup, seperti lingkaran, elips, silinder, piramid atau kubus. Berdasarkan sifatnya bentuk dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
  • Huruf ( Character )
  • Simbol
  • Bentuk nyata  ( Form )
3. Warna merupakan kesan yang diperoleh oleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda benda yang dikenainya. Disebabkan karena cahay memiliki spektrum warna maka manusia dapat mengenali warna. Panjang gelombang spektrum warna yang dapat dilihat oleh mata manusi adalah 400 nano meter hingga 700 nano meter, sedangkan diatas 700 nano meter disebut dengan sinar ultraviolet, sinar x dan sinar gamma.





4. Contras nilai - hubungan antara elemen yang satu dengan yang lain yang berhubungan dengan kecerahan dan kegelapan sehingga memberikan cintra atau presepsi secara rinci untuk mambaca kata atau tulisan pada layar.

5. Tekstur merupakan kualitas permukaan, papa, kertas, atau halaman elektronik. Tekstur dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Tekstur tactik - tekstur nyata dimana kita bisa merasakan permukaannya dengan jari kita.
  • Tekstur visical - tekstur ilusi yang memberikan impresi yang sederhana dari tekstur nyata
6. Merancang format - Format terdiri atas ukuran dan ilustri, iklan dengan ukuran besar akan lebih banyak menarik perhatian dibandingkan dengan iklan yang ukurannya lebih kecil, sedangkan ilustrasi terdiri gambar bermakna, hubungan tanda, dan simbol.
7. Ruang ( space ) - merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya

Prinsip Dasar Desain Grafis

           1. Kesederhanaan atau prporsional

           Proportion - dilakukan demi kepentingan dan kemudian pembaca memahami isi pesan yang disampaikan desainer grafis seing menyebut prinsip ini sebagai KISS ( Keep It Simple Stupid )

           2. Keseimbangan atau Balance

           Adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.

           3. Kesatuan atau Unity

            Adalah kohesi, konsistensi ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.

            4. Emphasis

            Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, singga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud

            5. Repetisi atau Rhythem

            Merupakan pengulangan unsur unsur pendukung karya ini.

            Demikian ilmu yang dapat saya bagikan untuk hari ini, jika ada yang salah tolong komentar..selebihnya jangan lupa untuk like dan share ilmu ini kepada orang lain.