Blog Artikel Aplikasi Tutorial Dan Pengetahuan Komputer

Mas Imam

Sunday 30 July 2017

WELCOME TO NEW SCHOOL SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO

               Hallo sehabat mas imam, kali ini saya tidak membuat artikel tentang tutorial edit, tapi saya mau menceritakan 2 minggu ini ,kenapa saya jarang posting artikel. Dan sebelumnnya saya mau meminta maaf terlebih dahulu ,karena tidak bisa membuat artikel tutorial karena saya 2 minggu kemarin melaksanakan beberapa kegiatan di sekolah, sebelum saya menceritaakn saya akan memberitahukan dimana saya bersekolah, Saya berskolah di SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO

SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO


               SMK Wiworotomo Purwokerto berdiri pada tahun 1958 dengan nama STM Purwokerto yang menjadi cikal bakal berdirinya STM pertama di Karesidenan Banyumas. Dalam perkembangannya STM Purwokerto berubah nama menjadi STM Wiworotomo Bersubsidi atau lebih dikenal dengan STM WIBER. Kemudian berubah nama menjadi SMK Wiworotomo Purwokerto status disamakan dengan Akreditasi A pada seluruh Program Keahlian, bahkan sudah mengadopsi Sistem Management Mutu ISO 9001: 2008 dari GERMAN CERTIFICATION untuk menuju sekolah Berstandar Nasional dan ditunjuk menjadi Sekolah Rujukan oleh pemerintah.

PROGRAM STUDY

               Di Sekolah SMK Wiworotomo Purwokerto ada 5 pilihan Program Study atau biasa dikenal dengan Program Kejuruan ( Jurusan ). berikut adalah program program di SMK WIBER :

1. TIPTL ( Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik )

               Di Jurusan ini memiliki fasilitas yang sangat baik, dalam menjadikan SMK unggul membentuk SDM bermutu. Selain itu Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik memiliki guru guru yang kompeten di setiap kompetisi yang diberikan.

                Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Energi Listrik sangat membantu kita dalam menyelesaikan kegiatan sehari hari

               Jurusan TIPTL mendidik peserta dengan keahlian dan ketrampilan dalam perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan dan tenaga pemasangan dan elektromagnetik, elektronik dan PLC (Programable Logic Controller) Merawat dan memperbaiki alat rumah tangga listrik dan teknik pendingin, serta menggulung ulang motor listrik, agar lulusannya dapat bekerja baik secara mandiri maupun di Duni Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.

2. TPM ( Teknik Pemesinan )

               Tujuan Program Keahlian Teknik Pemesinan secara umum mengacu pada sisi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara Khusus tujuan program keahlian Teknik Pemesinan adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  • Bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usahan dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang teknik pemesinan.
  • Memilih Karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang teknik pemesinan.
               Standar kompetisi yang digunakansebagai acuan pengembangan Kurikulum ProgramKeahlian Teknik Pemesinan adalah Standar Kompetisi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI ) pada bidang indutri Logam dan Mesin.

3. TKR ( Teknik Kendaraan Ringan )

               Teknik Kendaraan Ringan merupakan  komptensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian TKR menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia Usaha/Industri. TKR Tujuan Kompetensi Keahlian TKR secara umum mengacu padaisi UU SPN pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yag mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.Secara khusus tujuan kompetensi keahlian TKR adalah membekali peserta didik dengan kerampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  • Memahami dasar mesin
  • Memahami proses proses dasar pembentukan logam
  • Menjelaskan proses proses mensin konversi energi.
  • Menginterprestasikan gambar teknik
  • Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja
  • Menggunakan alat alat ukur
  • Menerapkan prosedur keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja
  • Memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara
  • Melaksanakan prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan
  • dll
4. TSM ( Teknik Sepeda Motor )

                Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
  • Mendidik bertanggung jawab dan jujur serta menjunjung budi pekerti yang tinggi
  • Mendidik menjaga nama baik keluarga dan sekolah
  • Mendidik berbahasa inggris yang pasif guna sebagai modal kerja industri
  • Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam program keaglian TSM agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah
  • Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian sepeda motor
  • Membekali peserta didik dengan Ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal bagi yang berminat melanjutkan pendidikan. Kurikulum yang digunakan di Teknik Sepeda Motor menggunakan Kurikulum 2013
               Memahami Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor

  • Memahami Teknik Dasar Mesin Sepeda Motor 4 Tak dan Matic
  • Modifikasi Sepeda Motor
  • Pelapisan Logam
  • Menggambar Teknik ( Menggunakan Aplikasi AutoCAD ) 2 Dimensi dan 3 Dimensi
 5.  TKJ ( Teknik Komputer Jaringan )

               TKJ adalah teknik yang mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC, dan mempelajari program program PC. TKJ merupkan salah satu jurusan yang adadi sekolah menengah kejuruan (SMK) tetapi tergantung sekolahnya juga sh, SMK nya teknik atau bukan. Kalau bukan ya jangan tanya ada jurusan TKJ atau tidak.

               Dari tahun ke tahun jurusan TKJ selalu banyak peminatnya. Dan pesaingnya adalah jurusanMultimedia dan Rekaysa Perangkat Lunak (RPL). Mengapa demikian? yang pertama peluang kerjanya sangat banyak dan kelihatan keren ketika kerja hanya duduk di balik laptop atau PC dengan gaji yang fantastis,

               Belajar TKJ itu susah susah gampang. Yang penting niat dan tekad untuk belajarnya tinggi. Jika kalian mengambil jurusan ini alngkah baiknya sudah punya laptop atau PC untuk media belajar supaya mudah ketika mendapat materi dari guru. Peluang kerja TKJ banyak sekali, mari kita lihat selengkapnya peluang kerja jurusan TKJ dibawah ini:

  • Intenet Service Provider / Perusahaan Jarigan Network Security
  • Wireless Networking
  • Netwrok Administrator
  • Administrasi Server
  • Computer Integrator
  • VoIP Integrator
  • Linux Intregator
  • Intregator Jaringan
  • Web Administrator
              Oke guys itu adalah program program study atau jurusan di Sekolah SMK Wiworotomo Purwokerto, kalo kalian ingin melanjutkan ke sekolah ini silahkan pilih jurusan yang kalian suka, karena kenyamanan dalam belajar sangat berpengaruh untuk masa depan kalian sendiri,

KEGIATAN KEGIATAN DISEKOLAH DALAM 2 MINGGU

Hari Pertama
                Hari pertama sekolah, saya bangun pagi banget setelah orang tua saya mbangunin , karena saya jarang bangun pagi sekali kecuali begadang malam ga tidur. Saya langsung mandi dan mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan, setelah itu saya berangkat dianter sama ayah sampai tepi jalan besar, kemudian saya berangkat menggunakan angkutan umum.
                Setelah sampai sana, saya langsung masuk dan cari teman baru dan ternyata ketemu sama temen lama, namanya Jodi Tyana, dia ikut jurusan TKR kalo ga salah , soalnya udah lumayan lupa, hehe.., lalu saya duduk dan ngobrol". Tiba tiba temen saya yang alumnus dari sekolah yang sama dateng dan saya menyapanya., Kemudian kami semua dibariskan sesuai jurusan masing" supaya lebih mudah mengatur nya.
                Setelah dibariskan, kami dibawa ke lantai 2 untuk membicarakan mengapa kalian memilih jurusan ini dsb., sampai sampai saya ngantuk sekali tapi ga tidur hehe,, setelah selesai kami dibawa ke Aula SMK dan disana cuma mendengarkan pidato" bapak guru ya walaupun ada yang sedikit" nglawak, wkwkwk..
                Acara pun selesai, kami langsung pulang ke rumah masing" yah saya seperti biasa menggunakan angutan umum.

Hari Kedua - Keempat
                Hari kedua pun sama dari bangun sampai berangkat ke sekolah, disana kami langsung apel pagi. Seperti biasa kami mendengarkan pidato lagi, setelah selesai kami dikumpulkan di Aula SMK lagi dan sama kegiatannya cuma mendengarkan pidato" lagi.
                Dari hari kedua sampai keempat , kegiatan sama seperti itu, pulang" sampai rumah langsung tidur dan ga lupa untuk beribadah.

Hari Kelima
                Hari kelima adalah tepat hari jumat jadi waktu pulang lebih cepat, hihi asiik. Kami disana lagi" apel terlebih dahulu. Kegiatan apel adalah pembagian BAKSOS atau biasa dikenal dengan Bakti Sosial kepada orang yang tak mampu.
                Setelah kegiatan itu selesai, kami di kumpulkan lagi di Aula SMK dan kami disana mengerjakan Test, Test apakah itu?? Test IQ dan EQ ,kata guru sh supaya bapak  ibu guru tahu seberapa besar karakter dan kepintaran kalian, jadi bapak ibu guru tahu harus mulai dari mana untuk mengajarkan ilmu nya.

Hari Keenam
                Hari keenam adalah kegiatan menampilkan seni" kita yang bisa nyanyi misalkan seperti itu, jadi hari itu cuma senang senang, dan akhirnya selesai

Hari Ketujuh - Kesebelas
                Dan akhirnya hari ke tujuh tiba, hari ini adalah hari yang paling ga suka kata temen", tapi kalo saya mah malah suka banget, Apa sih kegiatannya jadi Kepo nih., hehe.. Kegiatannya adalah Pendidikan Karakter atau biasa dikenal dengan LDDK, kami melaksanakan kegiatan LDDK dipimpin oleh anggota TNI AL dari Cilacap, ada tiga atau empat orang yang melatih kami.
                 Kami langsung ke Lapangan untuk melaksanakan kegiatan itu, dan sesampai disana kami langsung disuruh guling" , jalan jongkok ,tiarap ,push up , sit up dsb. Itu lah yang membuat saya suka karena saya suka seklai push up sama sit up.
                 Temen temen saya, semua nya pada ngeluh disuruh begituan, capek dan sebagainya, tapi adanya kegiatan itu bertujuan supaya kami tidak mengeluh dan cepat putus asa, intinya membuat kami lebih serius dalam melaksanakan tugas atau pun yang lainnya.

Hari Keduabelas - Ketigabelas
                  Hari ini jadwalnya berangkat sore, Kok sore? karena kegiatan waktu itu adalah kegiatan PTA Patih Gajah Mada atau Penerimaan Tamu Ambalan Patih Gajah Mada. Saya berangkat lumayan telat, dan saya berfikir aduuh telat kayaknya nih,, ternyata sampai sana pas banget upacara pembukaan atau apel mau mulai.
                  Setelah selesai, kegiatannya cuma permainan itupun cuma sebentar. Kemudian, waktu ISOMA pun tiba, apas tuh ISOMA , artinya Istirahat Solat Makan. Setelah isoma selesai, kami dikumpulkan di lapangan SMK, untuk melaksanakan kegiatan api unggun. Kami teranggun" ketika melihat api unggunnya sudah dinyalakan dan diatas itu ada kembang api yang menyala" dilangit.
                  Kegiatan itu akhirnya selesai, dan kami semuanya senang sekali karena setelah kegiatan itu kami dangdutan uuuhhh.,, temen temen saya langsung pada berdiri dan joged'' an. Setelah selesai kami istirahat untuk tidur malam.
                  Saya malah ga bisa tidur, sampe acara dimulai lagi. Sebelum acara dimulai kami di kagetin sama kakak senior, untuk cepet ke lapangan melaksanakan renungan. Waktu itu masih pagi sekitar jam 4 an, dan saya malah ngantuk sekali pada kegiatan itu. sampai" dibilangin sama seniornya "jangan tidur dek" saya jawab "eeh ,, iya mas., hehe"
                  Acara pun selesai dan waktunya istirahat lagi, kami senam pagi dan waktu senam kami cuma ribut, tapi saya mah cuma diam dan tidak mengikuti kegiatan. Setelah selesai kami makan pagi atau biasa disebut sarapan pagi., sampe saya kekenyangan karena waktu malam saya ga tidur itu makan terus hehe., Apel penutupan dimulai dan akhirnya selesai
...
...

...
...
                  Oke guys, itu lah kegiatan yang saya lakukan saat saya ga waktu itu ga bisa posting tutorial buat kalian semua, saya mengucapkan mohon maaf sebesar besarnya. Jangan lupa untuk Like Comment dan Share yah , tombolnya dibawah lho hehe.,

See You....

1 comment:

Perhatian !!

Jika kalian klik Download diatas ,nanti akan mucul tulisan tidak ada pratinjau atau no preview
langsung klik unduh saja, tulisan tidak ada pratinjau bukan berarti tidak bisa untuk didownload
ini berlaku pada semua artikel APK
Jika kalian ingin bertanya tentang Artikel diatas atau kalian belum paham. Kalian dapat berkomentar dibawah

Sebelum berkomentar Artikelnya diLIKE dulu yah sobb..,,